DKISP PASER GELAR RAPAT SOSIALISASI DOKUMEN PROSES BISNIS PEMERINTAH DAERAH

DKISP PASER GELAR RAPAT SOSIALISASI DOKUMEN PROSES BISNIS PEMERINTAH DAERAH

Tana Paser – Dalam rangka memenuhi amanat Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2018 tentang Penyusunan Peta Proses Bisnis Instansi Pemerintah serta dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman Perangkat Daerah terhadap Peta Proses Bisnis Pemerintah Daerah, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Paser Bersama sama dengan Bagian Organisasi Sekretariat Kabupaten Paser mengadakan Rapat Sosialisasi Dokumen Proses Bisnis Kabupaten Paser di Ruang Command Center Pemerintah Kabupaten Paser (15/5/2023).

 Acara yang dibuka oleh Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Paser itu mengundang seluruh Perwakilan Perangkat Daerah di Kabupaten Paser dengan narasumber dari Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Paser. Dalam sambutannya Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Paser Bambang Abdul Haliq, S. Kom, M.Ap menyampaikan bahwa Penyusunan Peta Proses Bisnis menjadi salah satu factor suksesnya pelaksanaan reformasi birokrasi di instansi pemerintah. “Penyusunan Probis merupakan bagian dari penataan tata laksana yang dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas system, proses, dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien dan terukur,” ujar Bambang.

          Analis Kebijakan Ahli Muda pada Bagian Organisasi ibu Roosidah Nuria, ST selaku Narasumber pada kegiatan ini menyampaikan bahwa Peta Proses Bisnis merupakan diagram yang menggambarkan hubungan kerja yang efektif dan efisien antar unit organisasi untuk menghasilkan kinerja sesuai dengan tujuan pendirian organisasi agar menghasilkan keluaran yang bernilai tambah bagi pemangku kepentingan. Keberadaan Peta proses bisnis akan mempermudah untuk mengenali lebih awal ketika terjadi permasalahan, karena proses bisnis adalah hubungan kerja yang dilakukan secara kolaborasi. Masing – masing unit organisasi tidak ada yang disusun secara berdiri sendiri, namun disusun untuk saling berkolaborasi sehingga keputusan pimpinan menjadi lebih optimal ketika kolaborasi dilakukan.

Kabid Aplikasi Informatika Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Paser Ir. Mulyadi Rahman, ST, MM menyampaikan bahwa dokumen proses bisnis ini merupakan acuan Perangkat Daerah untuk menyusun rencana program dan kegiatan terutama dalam penyusunan rencana kerja Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Perangkat Daerah masing – masing. (MR-AI)

Related Posts

Mari Berdiskusi