JELANG PELAKSANAAN EVALUASI SPBE DKISP GELAR RAKOR TIM ASESOR INTERNAL SPBE

JELANG PELAKSANAAN EVALUASI SPBE DKISP GELAR RAKOR TIM ASESOR INTERNAL SPBE

Tana Paser – Dalam upaya memaksimalkan Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Pemerintah Kabupaten Paser pada Tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Paser menggelar Rapat Koordinasi Tim Asesor Internal SPBE Pemerintah Kabupaten Paser bertempat di Ruang Command Center Gedung E Lantai I Komplek Perkantoran Gentung Temiang bersama seluruh Perangkat Daerah yang tergabung dalam Tim Asesor SPBE Pemerintah Kabupaten Paser. Rapat yang digelar pada hari Senin, 29 Mei 2023 ini di pimpin oleh Sekretaris Daerah yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Paser Hj. Ina Rosana, S.Pi, MM.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian menyampaikan bahwa Rapat koordinasi ini bertujuan untuk persiapan dalam evaluasi SPBE pada Tahun 2023.

“pelaksanaan evaluasi SPBE ini bukan hanya Kominfo yang berperan dalam pelaksanaan penilaiannya, namun melibatkan seluruh Perangkat Daerah di Kabupaten Paser sehingga dukungan, saran dan masukan dari seluruh Perangkat Daerah sangat kami harapkan.” ungkap Ina Rosana.

Dalam paparannya, Kadis Kominfostaper Paser menyampaikan bahwa Proses Pemantauan dan Evaluasi SPBE ini dapat dibagi dalam 3 Tahap yaitu Tahap Persiapan yang berisi mulai dari Penyusunan rencana Pemantauan dan Evaluasi SPBE, Pembentukan Tim Asesor SPBE serta Pelaksanaan Bimtek Pedoman Pemantauan dan Evaluasi SPBE yang akan diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI.

Tahap Selanjutnya adalah Tahap Pelaksanaan yang dimulai dari pelaksanaan penilaian mandiri yang dilakukan oleh Tim Asesor Internal, kemudian mengikuti penilaian interviu dimana tim Asesor Internal dapat didampingi oleh responden untuk memberikan klarifikasi serta melengkapi data dan bukti pendukung atas pertanyaan yang diberikan oleh Tim Asesor Internal dan terakhir adalah mengikuti penilaian visitasi yang ditentukan waktunya oleh Kementerian Kominfo RI.

Tahapan terakhir dari proses pemantauan dan evaluasi SPBE ini adalah tahap pelaporan dimana daerah akan mendapatkan laporan hasil pemantauan SPBE yang mencakup Indeks SPBE, Indeks Domain, Indeks Aspek dan Nilai Indikator serta laporan hasil evaluasi SPBE mencakup indeks SPBE, indeks domain, indeks aspek, nilai indicator dan rekomendasi perbaikan.

Diakhir kegiatan Kepala Bidang Aplikasi Informatika Ir. Mulyadi Rahman, ST, MM. memaparkan reviu terhadap hasil penilaian SPBE Tahun 2022 dimana Kabupaten Paser mendapatkan skor nilai sebesar 2,13 dengan kategori cukup.

“dengan telah terbentuknya Tim Asesor Internal SPBE Tahun 2023 ini, diharapkan proses penginputan SPBE dapat berjalan lancar, dengan memperoleh data dukung implementasi SPBE yang lebih lengkap dibanding tahun kemarin sehingga harapannya Kabupaten Paser pada tahun 2023 ini akan memperoleh indeks nilai SPBE Kabupaten Paser yang lebih baik dibanding Tahun 2022 kemarin.”ungkap Mulyadi. (MR-AI)

Related Posts

Mari Berdiskusi